JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Mengurus persiapan pernikahan bukan pekerjaan yang ringan. Banyak pasangan memilih melibatkan wedding organizer (WO) agar proses menuju hari bahagia berjalan sesuai rencana dan tidak banyak menguras energi.
Kehadiran WO pun dianggap dapat membantu pasangan mengelola kebutuhan acara, mulai dari penyusunan konsep pernikahan.
Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab penting WO yang perlu diketahui:
1. Menyusun tema dan konsep pernikahan
Tugas dan tanggung jawab WO yang utama yakni membantu pasangan menentukan tema dan konsep terbaik untuk hari pernikahan.
2. Berkoordinasi dengan semua vendor
WO menjadi penghubung antara pengantin dan seluruh vendor, seperti dekorasi, katering, rias, fotografi, hingga musik.
Jika klien sudah memiliki daftar vendor, WO akan melanjutkan komunikasi dan mengatur kebutuhan pernikahan. Namun, ada juga WO yang memiliki vendor mitra tersendiri, sehingga memudahkan proses kerja sama dan penyesuaian konsep.
3. Menyusun rundown acara
Kemudian, WO menyusun alur acara secara detail, mulai dari persiapan sebelum kedatangan tamu hingga rangkaian penutup.
Rundown ini pun perlu dibahas lebih dulu bersama klien untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.














