PADANG, HARIANHALUAN.ID — Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pos Indonesia terus memperkuat peranannya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Indonesia Padang, yang menjadi perpanjangan tangan kantor pusat di wilayah Sumatera Barat (Sumbar), menjalankan dua fungsi utama, yakni di bidang layanan jasa keuangan dan jasa kurir, serta logistik.
Kepala KCU Pos Indonesia Padang, Muliya Wardi, menyampaikan bahwa seluruh proses dan operasional kantor cabang telah terintegrasi dengan kebijakan dan sistem kerja dari kantor pusat. Hal ini mencakup berbagai bentuk kerja sama, baik dengan instansi pemerintahan, perusahaan swasta, maupun mitra lainnya.
“Pos Indonesia Padang adalah bagian dari sistem nasional. Setiap langkah strategis yang diambil pusat juga kami jalankan di daerah. Koordinasi itu mencakup pelayanan, kerja sama dan sistem kerja lainnya,” ujar Muliya kepada Haluan, Selasa (29/7/2025).
Namun demikian, ia menjelaskan bahwa Pos Indonesia di daerah tetap memiliki keleluasaan untuk menjalin kemitraan baru dengan berbagai pihak lokal, seperti pemerintah kabupaten/kota, institusi swasta dan sektor lainnya. Semua itu dijalankan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
“Sebagai BUMN, kami tidak semata mengejar profit sebagaimana perusahaan swasta. Kami juga mengemban misi sosial untuk melayani masyarakat, terutama dalam hal distribusi layanan dan jasa keuangan,” ucapnya.
Dalam struktur kerja, KCU Pos Indonesia Padang bertanggung jawab langsung kepada Kantor Regional Pos Indonesia yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), yang membawahi seluruh wilayah kerja di Pulau Sumatera.
“Begitu pula dengan kantor-kantor cabang di kabupaten dan kota di Sumbar, mereka menyampaikan laporan pertanggungjawabannya kepada kami. Sementara kami melaporkannya ke regional. Jadi, sistem kerja kami sepenuhnya terkoordinasi secara vertikal dan horizontal,” katanya.
Dengan sistem kerja yang terintegrasi tersebut, Pos Indonesia Padang berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang profesional dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat. Baik dalam bentuk layanan kurir dan logistik, maupun penyediaan jasa keuangan digital melalui aplikasi, seperti POSPAY, Pos Indonesia terus berupaya menjawab tantangan zaman. (*)














