SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.ID– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung mendorong pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Khususnya di kecamatan dan kenagarian yang sering berhadapan langsung dalam hal pelayanan dengan warga masyarakat. Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi III DPRD Sijunjung Afrizal SE, Rabu (10/12).
Peningkatan kualitas tersebut, menurutnya perlu dilakukan beriringan dengan usulan kegiatan operasional di jajaran pemerintah daerah, kecamatan sampai kenagarian.
“Kalau melihat struktur pemerintahan itu, maka pemerintahan nagari yang merupakan pemerintahan yang terkecil . Karena itu saya meminta asisten pemerintahan agar peran nagari diperkuat. Karena pelayanan masyarakat semua bertumpu di nagari,” ujarnya.
Afrizal yang akrab disapa Ucok tersebut menilai, masyarakat sudah sepatutnya mendapatkan pelayanan atas dokumen perizinan ataupun administrasi secara layak dari para aparat birokrasi yang berada di nagari dan kecamatan sebagai bagian tatanan pemerintah yang sangat dekat dengan lingkungan warga.
“Jadi apapun itu, sudah kewajiban kita sebagai aparatur untuk melayani masyarakat. Kita ini kan sesungguhnya bekerja amanat dan kepercayaan mereka, uang nya juga uang rakyat,” katanya.
Karena itu, DPRD Sijunjung mendorong agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sijunjung yang berada di lingkungan kecamatan dan nagari agar mampu beradaptasi dengan tingkat pola pikir masyarakatnya yang beragam. Khususnya, dalam pemberian pelayanan masyarakat secara lebih profesional.
“Masyarakat kita saat ini kan sangat majemuk, dengan pola pikir yang berbeda beda, jadi kita memang harus dituntut untuk memahami pola pikir dan karakteristik masyarakatnya,” ungkapnya.
Selain itu, menurutnya seluruh aparatur baik itu ASN maupun non ASN terkait yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat dapat sejalan dalam menjalankan visi misi daerah untuk menghadirkan kualitas layanan publik yang mumpuni di setiap nagari ataupun kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sijunjung.
“Jangan pernah menyerah dan selalu berusaha melakukan pemberian layanan yang terbaik, baik pada level kecamatan hingga Nagari,” ujarnya.
Apabila ada pelayanan masyarakat yang belum terasa optimal, lanjut politisi Partai Demokrat tersebut, masyarakat agar memberikan masukan melalui layanan pengaduan ataupun memberikan informasi kepada anggota DPRD terkait pelayanan yang dirasa masih belum memuaskan.
“Kami dari juga dari DPRD akan memonitor bagaimana peningkatan kualitas layanan yang diberikan oleh teman-teman di nagari dan kecamatan,” tandasnya. (*)














