BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID — Sebanyak 105 siswa kelas XI Fase 1 MAN 2 Kota Bukittinggi mengikuti Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) .
Pelepasan ini dipimpin langsung oleh Kepala MAN 2 Kota Bukittinggi, Amri J serta turut dihadiri para wakil kepala madrasah dan guru keterampilan, Kamis (11/12).
Tahun ini, PKL di MAN 2 Kota Bukittinggi menjadi angkatan pertama sejak madrasah tersebut memperoleh SK Keterampilan, menjadikannya momentum penting dalam penguatan pendidikan vokasi.
Para siswa akan disebar ke berbagai mitra usaha di kab/kota se-Sumbar, mulai dari teknologi informasi, klinik kecantikan, percetakan, studio foto, butik, hingga bengkel las.
Kepala MAN 2, Amri J menekankan bahwa PKL merupakan kesempatan besar bagi siswa untuk membuktikan kemampuan dan membangun etos kerja profesional.
“Ananda yang bapak banggakan, PKL ini adalah jembatan nyata menuju dunia kerja. Ini bukan hanya tugas sekolah, tetapi kesempatan emas untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah kalian pelajari,” ujarnya.
Ia juga mengingatkan siswa untuk menjaga sikap, kedisiplinan, dan etika selama satu bulan penuh masa PKL.
“Tunjukkan bahwa siswa MAN 2 Kota Bukittinggi adalah tenaga kerja yang unggul dan profesional. Jika ananda meninggalkan kesan yang baik, maka untuk angkatan berikutnya kita akan lebih mudah mendapatkan tempat PKL,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Program PKL sekaligus Waka Kurikulum, Deswita, menegaskan bahwa PKL merupakan bagian penting dari kurikulum vokasi madrasah.
Saat ini, MAN 2 Kota Bukittinggi memiliki lima jenis keterampilan, yaitu Multimedia, Teknik Las, Tata Rias Kecantikan, Tata Boga, dan Tata Busana.
Program magang ini bertujuan meningkatkan kompetensi sesuai standar industri, memberikan pengalaman kerja nyata, sekaligus membentuk karakter profesional dan bertanggung jawab. Para siswa dijadwalkan mulai terjun ke lokasi PKL pada 15 Desember 2025. Pihak madrasah berharap seluruh peserta dapat menyelesaikan program dengan baik dan kembali dengan pengalaman berharga untuk persiapan karier di masa depan. (*)














