“Fitur regenerative braking yang umumnya ada dalam EV harus dimanfaatkan secara maksimal, serta penjagaan kecepatan konstan di rentang 80-100 km per jam untuk mencegah konsumsi daya yang boros,” jelas Yannes.
Adapun regenerative braking adalah fitur yang umum pada mobil listrik yang dapat mengubah energi saat kendaraan melambat atau mengerem menjadi listrik untuk mengisi ulang baterai. Manfaatnya, teknologi ini membantu memperpanjang jarak tempuh, menghemat energi, dan mengurangi keausan sistem rem.
Sebagai langkah antisipasi, Yannes juga mengingatkan pentingnya menyiagakan portable charger di dalam kendaraan. Perangkat ini dapat menjadi solusi darurat apabila pemudik terpaksa melakukan pengisian daya di lokasi non-SPKLU, baik saat di perjalanan maupun ketika telah tiba di lokasi tujuan.
Dengan perencanaan matang dan disiplin pengelolaan energi, mudik Nataru 2025 menggunakan mobil listrik dinilai tetap memungkinkan dilakukan secara nyaman dan aman. (*)














