Jumat, 26 Desember 2025
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
HARIANHALUAN.ID EkBis

TelkomGroup Kejar Pemulihan Layanan Pascabencana di Aceh

Editor: Atviarni, Penulis:Djamalis Djamin
Rabu, 24/12/2025 | 13:11 WIB
ShareTweetSendShare

KUALA SIMPANG, HARIANHALUAN.ID — Sebagai bentuk komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk pada wilayah terdampak bencana, Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji meninjau langsung kondisi infrastruktur jaringan komunikasi di wilayah terdampak bencana Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang pada Selasa (23/12). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Telkom untuk memastikan pemulihan layanan telekomunikasi berjalan optimal. Selain itu, pada kegiatan ini Telkom turut menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak.

Salah satu fokus utama pada kunjungan kerja kali ini adalah untuk meninjau kondisi infrastruktur telekomunikasi, seperti Sentral Telepon Otomat (STO) Tanjung Pura dan Kuala Simpang serta infrastruktur jaringan lainnya yang terdampak pascabencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kunjungan ini juga sekaligus memastikan bahwa proses pemulihan layanan berjalan sesuai prioritas. “Fokus utama kami adalah memastikan konektivitas tetap terjaga agar komunikasi antar masyarakat tidak terputus di tengah situasi bencana.

Sejak hari pertama, TelkomGroup bersama TelkomProperty dan tim regional melakukan pemulihan aset dan jaringan di lapangan. Sebagai bagian dari BUMN, TelkomGroup akan selalu hadir melalui percepatan pemulihan layanan telekomunikasi dan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak,” ujar Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya ke Desa Menanggini, Kuala Simpang sebagai bagian dari rangkaian tinjauan lapangan dan pemberian bantuan.

Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya turut menyampaikan bahwa hingga saat ini sebagian besar layanan telekomunikasi Telkom di Aceh Tamiang telah berangsur pulih. Upaya pemulihan sedang dilakukan secara bertahap dan difokuskan pada titik-titik yang terdampak banjir serta wilayah yang masih mengalami gangguan listrik. Dalam proses ini, TelkomProperty sebagai pengelola dan pemelihara aset TelkomGroup berperan aktif di lapangan, mendukung percepatan pemulihan infrastruktur yang terdampak bencana. STO masih menjadi prioritas utama karena memiliki peran yang vital dalam menopang layanan komunikasi baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Proses pemulihan dilakukan secara bertahap oleh tim teknisi Telkom yang tanpa lelah memberikan kontribusinya selama 24/7 guna memastikan kebutuhan konektivitas tetap dapat dinikmati oleh masyarakat terdampak bencana. Namun demikian, kecepatan pemulihan layanan juga dipengaruhi oleh kondisi lapangan, cuaca dan pasokan listrik.

“Saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim teknis kami yang sejak hari pertama bergerak cepat melakukan pemulihan di lokasi bencana. Di tengah akses yang terputus, mereka berjalan kaki menembus banjir dan lumpur, membawa genset dan baterai satu per satu, demi memastikan layanan tetap pulih. Mereka adalah pejuang telekomunikasi di lapangan, yang bekerja dengan dedikasi luar biasa untuk menjaga konektivitas masyarakat,” tambah Seno.
Lebih lanjut, meskipun proses pemulihan layanan pascabencana banjir di Sumatera kerap menghadapi beberapa tantangan yang meliputi akses menuju lokasi yang sempat terisolasi, kerusakan perangkat akibat banjir dan lumpur, serta  gangguan listrik yang masih terjadi, hal tersebut tidak menghalangi Telkom sebagai digital telco terdepan dalam memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat. Dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut, Telkom senantiasa mempersiapkan berbagai solusi darurat, seperti penggunaan genset dan dukungan konektivitas berbasis satelit.

Selain pemulihan konektivitas, TelkomGroup juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui berbagai inisiatif. Bersama TelkoMedika dan AdMedika, TelkomGroup menyediakan posko layanan kesehatan, ambulans, dan obat-obatan. Dukungan kebutuhan dasar seperti air bersih, sanitasi, genset, pompa air, dan sumur bor juga disalurkan untuk membantu aktivitas masyarakat terdampak. Penanganan ini tidak hanya dilakukan di Aceh, tetapi juga mencakup wilayah Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi, upaya pemulihan jaringan yang dilakukan Telkom merupakan langkah paling relevan dalam memastikan kebutuhan komunikasi tetap terpenuhi di tengah situasi bencana. Melalui pemulihan ini, Telkom kembali menegaskan perannya dalam menyediakan layanan komunikasi yang andal sebagai kebutuhan vital masyarakat saat kondisi darurat. Di saat yang sama, Telkom juga menghadirkan dukungan kemanusiaan melalui penyediaan layanan kesehatan, bantuan kebutuhan dasar, serta kehadiran langsung di lapangan sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kepada masyarakat terdampak. (*)

Tags: BencanaHeadlinePilihan EditorTelkomGroup
ShareTweetSendShare

BacaJuga

Hotel Santika Premiere dan Amaris Hotel Padang Kembali Salurkan Donasi 904 Kg Linen

Hotel Santika Premiere dan Amaris Hotel Padang Kembali Salurkan Donasi 904 Kg Linen

Rabu, 24/12/2025 | 21:20 WIB
Wardah Inisiasi Rekor MURI dan Apresiasi 14.198 Ibu di Indonesia melalui Kelas Kecantikan Berbasis Wardah Beauty AI

Wardah Inisiasi Rekor MURI dan Apresiasi 14.198 Ibu di Indonesia melalui Kelas Kecantikan Berbasis Wardah Beauty AI

Rabu, 24/12/2025 | 11:27 WIB
Telkom Perkuat Peran Kepemimpinan Perempuan di Era Transformasi Digital

Telkom Perkuat Peran Kepemimpinan Perempuan di Era Transformasi Digital

Rabu, 24/12/2025 | 02:16 WIB
Awi Craft, Hadirkan Buket Menarik dan Berkualitas

Awi Craft, Hadirkan Buket Menarik dan Berkualitas

Selasa, 23/12/2025 | 18:02 WIB
SSBV Salurkan Ratusan  Paket Sembako dan Peralatan Dapur untuk Korban Banjir Bandang di Padang

SSBV Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Peralatan Dapur untuk Korban Banjir Bandang di Padang

Selasa, 23/12/2025 | 06:46 WIB
Tumbuhkan Potensi Ekonomi Digital bagi UMKM Disabilitas, Telkom Siapkan Program RiseAble

Tumbuhkan Potensi Ekonomi Digital bagi UMKM Disabilitas, Telkom Siapkan Program RiseAble

Senin, 22/12/2025 | 23:03 WIB

HALUANePaper

Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

HALUANOPINI

Lima Prioritas Pemulihan Bencana Sumbar untuk Perputaran Roda Ekonomi di Daerah
OPINI

Lima Prioritas Pemulihan Bencana Sumbar untuk Perputaran Roda Ekonomi di Daerah

Kamis, 25/12/2025 | 09:02 WIB

SelengkapnyaDetails
Membangun Anak Tangguh di Tengah Bencana

Membangun Anak Tangguh di Tengah Bencana

Rabu, 24/12/2025 | 15:32 WIB
PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN MODERN

PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN MODERN

Selasa, 23/12/2025 | 16:07 WIB
Medi Iswandi

Strategi Menghadapi Ancaman Multi-Bencana

Selasa, 23/12/2025 | 08:52 WIB
Kita Dikepung Masalah

Kita Dikepung Masalah

Senin, 22/12/2025 | 22:10 WIB

HALUANTERPOPULER

  • Tingkat Kemiskinan Sumbar Berada  di Angka 5,42 Persen

    Kabar Gembira untuk Karyawan… Upah Minimum Provinsi Sumbar Tahun 2026 Ditetapkan Rp3.182.955

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Serahkan Cindera Mata kepada Bupati Yulianto, Penantian Panjang 2.695 Honorer Pasbar Berujung Bahagia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanjung Raya Kembali Diterjang Galodo, Sungai Muaro Pisang Meluap

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sambut Tahun Baru 2026, Kapolres Pessel Ajak Warga Jauhi Pelanggaran Kamtibmas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Beredar Video Organ Tunggal di Tengah Duka Bencana Agam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
HarianHaluan.id

Kantor Redaksi dan Bisnis:
Jln. Prof Hamka (Komp. Bandara Tabing - Lanud St. Syarir) - Kota Padang - Sumatera Barat (25171)

  [email protected]

  Redaksi: 08126888210 (Nasrizal)
  Iklan: 081270864370 (Andri Yusran)

Instagram Harianhaluan Post

  • Terpantau awan mendung datang dari arah By Pass pada Kamis (25/12). Kondisi ini berpotensi menimbulkan perubahan cuaca. Diharapkan masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan dan dampak bencana alam yang dapat menyertainya, serta selalu memperhatikan informasi cuaca terkini.

🎥 : @putrimeriyantipertiwi
  • PASAMAN,HARIANHALUAN.ID — Informasi yang beredar di media sosial terkait penerimaan dua orang tenaga satuan pengamanan (security) yang mengatasnamakan Kejaksaan Negeri Pasaman dipastikan tidak benar alias hoaks. Pihak Kejaksaan Negeri Pasaman menegaskan bahwa pengumuman tersebut bukan berasal dari sumber resmi institusi.

Dalam selebaran yang beredar luas tersebut, disebutkan adanya rekrutmen tenaga security dengan pengiriman lamaran melalui aplikasi WhatsApp ke nomor pribadi. Informasi itu juga mencantumkan persyaratan serta jadwal pendaftaran tertentu. Namun setelah dilakukan penelusuran, pengumuman tersebut tidak dikeluarkan secara resmi oleh Kejaksaan Negeri Pasaman.

Pihak Kejaksaan menegaskan bahwa setiap penerimaan pegawai atau tenaga pendukung di lingkungan kejaksaan selalu dilakukan melalui mekanisme dan saluran resmi, baik melalui pengumuman tertulis, website resmi, maupun akun media sosial resmi instansi.

Selengkapnya di link https://www.harianhaluan.id/baca/148480/pengumuman-rekrutmen-security-mengatasnamakan-kejaksaan-negeri-pasaman-dipastikan-hoaks/

Follow Us

  • Indeks Berita
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

HarianHaluan.id © 2025.

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA

HarianHaluan.id © 2025.