Kamis, 4 Desember 2025
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
HARIANHALUAN.ID UTAMA

XL Axiata Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi di Sumbar

Editor: Silvia Oktarice
Rabu, 22/05/2024 | 15:08 WIB
xl axiata peduli indonesia
ShareTweetSendShare

HARIANHALUAN.ID – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Peduli menyalurkan bantuan untuk korban banjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat. Bantuan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, mie instan, telur, makanan kaleng, dan minyak goreng. Penyerahan bantuan kepada korban terdampak di lokasi pengungsian diserahkan langsung oleh perwakilan XL Axiata, Caretaker for Head Sales W-Central Sumatra 2, Toddy C Siburian yang bekerjasama dengan Yayasan Benihbaik kepada para korban di Posko Peduli Bencana, Kecamatan Limo Kaum, Kab. Tanah Datar dan Posko Galuang, Kecamatan Sungai Pua, Kab. Agam, Minggu (19/5).

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan XL Axiata turut prihatin dengan bencana banjir lahar dingin gunung merapi yang melanda Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang berdampak pada warga sekitar gunung yang kini harus mengungsi ke area yang lebih aman.

 

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian XL Axiata dan memberikan kemudahan ketersedian bantuan untuk masyarakat Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Bantuan darurat bencana yang kami berikan tentunya berkoordinasi dengan aparat setempat, semoga dapat meringankan beban para korban. Semoga bencana ini segera mereda sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali #JadiLebihBaik,” ujarnya.

Desy menambahkan XL Axiata telah memastikan jaringan aman tidak terdampak secara signifikan dan terus beroperasi dengan normal selama bencana ini. Tim teknis terus berjaga memantau kondisi jaringan agar masyarakat dapat terus menggunakan layanan data dan berkomunikasi menghubungi keluarga. XL Axiata telah menyiapkan antisipasinya, antara lain siap genset dan rekayasa jaringan. Terkait jaringan, secara keseluruhan jaringan XL Axiata di wilayah bencana masih dalam kondisi aman. #AdaUntukIndonesia.

Banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat mengakibatkan empat Kabupaten terdampak cukup parah, diantaranya antara lain Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Panjang, dan Kabupaten Padang Pariaman. Akibat bencana ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga kini sebanyak 67 orang dilaporkan meninggal dunia, sementara 20 orang hilang.

Beberapa bulan lalu, XL Axiata melalui XL Axiata Peduli juga telah menyalurkan donasi banjir di 3 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ketiga kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Nagari Tambang, dan Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Donasi yang disalurkan dalam bentuk barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari berupa beras, telur, gula pasir, minyak goreng, ikan kemasan, air minum kemasan, dan obat-obatan ringan. Donasi diserahkan langsung kepada perwakilan warga yang tersebar di tiap lokasi. Seiring dengan penyaluran tersebut, perusahaan juga telah memastikan bahwa jaringan XL Axiata tetap dapat terus beroperasi melayani masyarakat sekitar. XL Axiata Peduli juga memberikan bantuan untuk korban erupsi Gunung Marapi di Agam, Sumatera Barat.

Saat ini layanan XL Axiata telah melayani pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar di Sumatera Barat. Di seluruh wilayah Sumatra Barat, XL Axiata memiliki lebih dari 3.500 BTS.

 

Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi

Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Ta’lim XL Axiata (MTXL) mengirim donasi darurat untuk warga terdampak banjir di Desa Limo Kaum dan Desa Perambahan, Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (19/5). Donasi langsung diserahkan Caretaker for Head Sales W-Central Sumatra 2, Toddy C Siburian yang bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Infonesia (IZI) kepada perwakilan masyarakat setempat.

Donasi ini merupakan salah satu bagian dari Program MTXL Tanggap Bencana yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan. Donasi ini sekaligus merupakan wujud dari kepedulian karyawan XL Axiata untuk meringankan beban masyarakat yang sedang menghadapi bencana. Bagaimana pun juga, XL Axiata telah lama menjadi bagian dari masyarakat Sumbar.

Donasi darurat dari karyawan XL Axiata itu berupa paket barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, ikan kemasan susu, kecap, teh, mie instan, minyak goreng, kopi, telur dan juga kasur, serta selimut. Seluruh dana yang terkumpul melalui Program MTXL Tanggap Bencana ini berasal dari donasi karyawan dan manajemen XL Axiata yang disalurkan secara langsung dengan menggelar berbagai aksi sosial untuk masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Sementara itu, karyawan XL Axiata West Region juga saat ini sedang melakukan pengumpulan donasi untuk membantu korban bencana banjir lahar dingin di Limo Kaum, Tanah Datar, Sumatera Barat. Donasi akan disalurkan melalui posko untuk masyarakat yang membutuhkan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. (h/yes)

Tags: Banjir Lahar DinginSumatra BaratXL Axiata peduli
ShareTweetSendShare

BacaJuga

Ketua Komisi IV Ajak Semua Pihak Bahu Membahu dalam Penanganan Bencana di Sumbar

Ketua Komisi IV Ajak Semua Pihak Bahu Membahu dalam Penanganan Bencana di Sumbar

Kamis, 04/12/2025 | 08:00 WIB
Jaringan Komunikasi Bantu Pulihkan Kondisi Darurat Sumbar

Jaringan Komunikasi Bantu Pulihkan Kondisi Darurat Sumbar

Kamis, 04/12/2025 | 00:28 WIB
Perum Bulog Salurkan Bantuan Logistik

Perum Bulog Salurkan Bantuan Logistik

Rabu, 03/12/2025 | 17:21 WIB
PT Japfa Comfeed Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Galodo Sumbar

PT Japfa Comfeed Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Galodo Sumbar

Rabu, 03/12/2025 | 15:14 WIB
Mobilisasi Logisitik untuk Memenuhi Kebutuhan Pengungsi Agam

Mobilisasi Logisitik untuk Memenuhi Kebutuhan Pengungsi Agam

Rabu, 03/12/2025 | 14:21 WIB
Tinjau Empat Daerah Terdampak, Cerint Irraloza Tasya : Kehancuran Hutan Sumbar Dibayar Nyawa Manusia

Tinjau Empat Daerah Terdampak, Cerint Irraloza Tasya : Kehancuran Hutan Sumbar Dibayar Nyawa Manusia

Rabu, 03/12/2025 | 14:05 WIB

HALUANePaper

Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

HALUANOPINI

Saat Tiga Provinsi Menjerit: Status Bencana Nasional tak Bisa Ditunda
OPINI

Saat Tiga Provinsi Menjerit: Status Bencana Nasional tak Bisa Ditunda

Rabu, 03/12/2025 | 15:39 WIB

SelengkapnyaDetails
Perlu Kategori Baru: “Bencana Regional”

Perlu Kategori Baru: “Bencana Regional”

Selasa, 02/12/2025 | 18:09 WIB
Pulihkan Hulu DAS dan Sumber Air Berkelanjutan

Pulihkan Hulu DAS dan Sumber Air Berkelanjutan

Selasa, 02/12/2025 | 18:03 WIB
Analisis Pengalaman Psikologis Praktisi Magang dalam Penanganan Klien Anak di Biro Psikologi

Analisis Pengalaman Psikologis Praktisi Magang dalam Penanganan Klien Anak di Biro Psikologi

Selasa, 02/12/2025 | 17:43 WIB
Bencana Nasional

Saat Tiga Provinsi Menjerit: Mengapa Status Bencana Nasional Tak Bisa Ditunda?

Selasa, 02/12/2025 | 15:38 WIB

HALUANTERPOPULER

  • FORM Solok Selatan Turun ke Jalan, Galang Dana Kepedulian untuk Korban Bencana Sumbar‎‎‎

    FORM Solok Selatan Turun ke Jalan, Galang Dana Kepedulian untuk Korban Bencana Sumbar‎‎‎

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tinjau Empat Daerah Terdampak, Cerint Irraloza Tasya : Kehancuran Hutan Sumbar Dibayar Nyawa Manusia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Senyum Haru Derianti, Ketika Gubuk Reyot Menjadi Rumah Layak Huni

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bupati Hendrajoni Tinjau Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir di Lengayang dan Ranah Pesisir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sosok Pengusaha yang Laporkan Anggota DPRD Pessel Novermal Jadi Tersangka Pembalakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
HarianHaluan.id

Kantor Redaksi dan Bisnis:
Jln. Prof Hamka (Komp. Bandara Tabing - Lanud St. Syarir) - Kota Padang - Sumatera Barat (25171)

  [email protected]

  Redaksi: 08126888210 (Nasrizal)
  Iklan: 081270864370 (Andri Yusran)

Instagram Harianhaluan Post

  • Telkomsel mengeluarkan Paket SIAGA Peduli dalam situasi tertentu sebagai bentuk dukungan kepada pelanggan. Penyebab umum paket ini diberikan adalah:1. Program Bantuan Saat Kondisi Darurat / Bencana
Kuota SIAGA Peduli sering diberikan ketika suatu daerah terdampak bencana, gangguan jaringan, atau situasi darurat lain. Tujuannya agar pelanggan tetap bisa berkomunikasi dan mengakses informasi penting.2. Bentuk Tanggung Jawab Sosial (CSR)
Program ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel. Provider memberikan bantuan kuota gratis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan akses internet.3. Mendukung Kegiatan Penting Masyarakat
Kadang paket ini diberikan pada masa tertentu, misalnya:
situasi nasional yang membutuhkan akses komunikasi,
periode tinggi aktivitas digital,
atau kondisi khusus di daerah tertentu.
  • Presiden RI, Prabowo Subianto memastikan pemerintah pusat akan
membangun kembali seluruh infrastruktur yang rusak akibat bencana hidrometeorologi yang melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar). Untuk itu, ia mengajak dan berharap segenap masyarakat Sumbar bisa segera bangkit kembali.

Follow Us

  • Index
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

HarianHaluan.id © 2025.

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA

HarianHaluan.id © 2025.